डेंगान नामा अल्लाह यांग महा पेंगासिह लागी पेनायांग, सलवत और सलमान पिता जुंग्नान नबी मुहम्मद ने देखा। Alhamdulillah dengan izin दान petunjuk-न्या penulis dapat menyelesaikan penyusunan Makalah माता kuliah Umum Ilmu Sosial दान Dasar Budaya यांग berjudul 8220Probelmatika Nilai, नैतिक दान होकुम दलम masyarakat दान negara8221 Berbagai सहायता Baik Moril maupun materil अग्रिम penulis terima dari berbagai Pihak दलम penulisan makalah आरं, maka दल्म केसमपटन में पेंटलिस मेनीमपाकन रास टेरिमा कासिह यांग सेबसर-बसेन्या और सैगल डुकुनगन, बिंबिंगन और बंटुआन यांग संगति बिरती सेलाम पेनुलिसन मकालह इन यी हिंगगा दपत डिलेसेकनान। इज़िंकनलाह पेन्सिलिस मेन्गुकेपैण टेरिमाकसीह और पेनगर्गेन केपेडा: 1. बीपीके जूलस्री सेलाकू डोज़्ज़ेना माता कुलीहम इलमू सोसाइल और डसर्स ब्यूडाया या टेलहे सदस्य का इल्मू पेनस्टाहुआन, बिंबिंगन, डोरोंगन, इटिवाटिक सर्टेट्स यांग संगट बेरगार्गा मैनेल्सियाकैन मैकेलाल 2। महावीसिवई यूएनपी यांग टेलि बरबागी पेंडापत, रेफ्रेंसिसियालम हला इनी अखिरा काता, पेनुलिस मेमोहोन माफ जीका एडा पेनुलीज़न यांग सलाह करेना पेनलिस एडलह मैनुसिया यांग माशीह बेलजर काटा पेंगंतर। 2 बाब मैं पेंडहुलुआन 4 लेटर बेलकांग 5 रुमसान मसाला 13 बाब II पम्भहासन समस्याएं निलय, नैतिक, होकुम दाम मसाककारी दैन नेजावा 82308230823082308230823082308230823082308230823082308230823082308230823082308230823082308230 15 बॉब III पनाटुप ए। लतार बेलाकंग दलाम केहूदुण सेहारी-हरि मनुसीया सेल्लू बिरकातन डेनगैन नीलाई मैनुसिया सदस्यिकान नीलाई केपेडा सेशुआतु नीलाई इटू आदा अबुई दाल केहिदुपण मनुसिया नैतिक रूप से कहा गया था कि वह यांग मांगने के लिए तात्या तातिब यांग बताते हैं, नूरानी मनुसिया। नैतिक मरुपाकन बियाियां दारी निलय हुकुम मरुपाकन सूटू नियम नोर्मा हुकुम मरुपक्कन अरुण-अरुणान यांग बर्सल दारी नागात्र और सिफटाण्य मेम्का। टुयुआन बर्नगेरा इन्डोनेशियाई adalah terpenuhinya keadilan bagi seluruh रकयाट इंडोनेशिया। हेल इन दत्त दिक्तिहुई डेल पम्बुकान यूयूडी 1 9 45 म्यूपुन पंकसिला। बेडसेकरन पंकसिला सिला केडुआ केमानुसियायन यांग अदिल दान बिरदाब, मक्का आिलींग दीमुकद अदलाह पर्लकुन आदिल केपाद वगागा नेगारा तन्प पांदान बुलु। मैनुसिया पर हाकिटकनामा हरकत और शार्टबाट्या के लिए पद्म मनीसिया सेबागई वार्गा नागारा, करीना ही हिंडकनिया पेनिलेंगगारा नेजाज़िन पेरलकुन यांग एडिल तेरादप वर्गगा नेगरानिया। हेल इन टीचरमर्म पस्ल 27 एयाट (1) यूडी 1 9 45 बाह्वा सेगैल वार्ग अगे नर्स बिरसमैन केडुद्दुकनियाल हुकुम और पेमरीन्ताहान वाजिब मेनजंजुंग हनुजुआ और पेमरीन्ताहान इटू डेंगण टीडिक एडी केकेयुलीनिया। सेला केलीमा केडीलान सोशल बाज़ी सैलुरु राकट इंडोनेशिया मेगांदुंग मक्का आदिल दाम पमनुहान केबूतुउहन छुपा मसरकर। हसिल पेंगुनन और केकयान बंगास हेन्दकन्या दीनिकमीत सेकरा आदिल और मैनीलुरुह ओलेह सेलुरु लेपिसन मैसरकार। पीम्ंगुनन और केकयाना अमाल टिड ब्लेह दीनिकमाती सेगेलिंटर ऑरंग, सेबब हेल तर्सेबूत दपत मेनमिल्कन केसेनजंगन, पेरेसाइन इरिए डैन केमेस्कीनान। सेशुई देन्गण सिला केलीमा तर्सेबूट मक्का केदिलन यांग हारुस तेरुजुद दाम केहिदुपुन बांग्ला आदालाः केडीलान वितरक, यति हुबुनगंग यांग एडील अंतरा नेगारा डेगान नेगरियां। केडीलान इनई दलम बेंटुके केसेजैटरान, सब्सिडी, सर्टा केसमपटन हिडुप बिरसामा बिरडसरकर हक और केवीजबैन। केडीलान कानूनी (बर्टाट), येट्ू हबुनगन यंग एडिल अनंत नेरा डेंगण वार्ग नेगरान्य केडीलान कॉमुटिटीफ़, येट्ू हबुनगन यांग एडल और साइमन एंटर वर्गा नेगा सेकरा टिंबल बालिक दीयाहत दारी केन्यातन यांग एडा, इन्डोनेशियाई सेगैगई नेगारा हुकुम मेमांगा सुदाह त्राजुद तर्बूकटी तेलंग के लिए तैयार है, और यह बहुत ही बढ़िया है। टेटपी पडा पिनेराप्न्या दालम केहिदुन बर्नगेरा इटु प्रतरि बेली टेलेक्साना डेंगण बाइक टेरबूकटी डेंगान ब्याकन्या पेलंगगर-पेलेंगगरन हुकुम यांग ड्रिलकुकन ऑल सिगेलिंर्टर ऑरंग नामक हुकुम बैटिन्या टिडक बेरजलान डेंगन् सेमेस्टिन्या। नियमों के अनुसार, आप के बारे में जानकारी प्राप्त करने के लिए यहां क्लिक करें। बी। पेरुमसुसन मसाला डेंगान मेम्प्रेटिकान लेटर बेलाकंग टीर्सबूत, अगर दलम पेनिलिसैन इनिस पेनिलिस मेंडापट्टान हैसिल यांग डायिंगकैन, मेक पेनिलिस मेन्मुमुककन बीबरपाम्यु मेमहलह। रुमसुआन मसलह इटू अदलः अपाक यांग दीमकद देगेन नीलाई, नैतिक और हुकुम बगाइमानाक़ा पीनरापन नीलई, नैतिक और हुकुम इंडोनेशिया इंडोनेशिया ने अपनी इच्छाओं को स्वीकार किया था, नीलै, नैतिक और हुकुम की इंडोनेशिया सी। तुजुआन तजुआन दारीुलिसन मकालह में अंतराल: अनटुक मेमनुही तुग्स माता कुलीह ISBD ननलाई, नैतिक और हुकुम के रूप में पुरुषों के जन्म के बाद बिना किसी प्रकार के लोगों के लिए बिरबगाई परमात्मा नीलै, नैतिक और हुकुम समस्यानिवारिका नीलई, नैतिक और हुकुम दाम मसाकाकांत और नेगारा ए। नीलाई दलम कीधिपन सेहारी-हरि मनुसीया सेल्लू बिरकातन डेंगण नीलाई। बेबरापा पेंडापट तांगंग नीली दापत द्युराइकन सेबागई बेरिकिक: मेनूरट बांम्बांग दारोसोओ, नीलाई साले कुलाइट्स या पेन्गर्गन तेरादप सेसुआतु, यांग मंजेद दसरी पन्नेटु तांग्का लकू ससेओरंग मेन्यूरट पारसी दर्मो डायहोरोजो, नीलै आलम क्वालिट्स एट केआदेन यांग बिरफाफाट बोगी मैनुसिया बाक लाहिर माउपुन बाटिन। सेसुतु दीनगैप बर्निलै अपबीला सेसूतु इटू मेमिलिकी सिफेट सेबगाई बिरिकुट: मेन्नेंगकन Menguntungkan। Berguna। Memuaskan। Menarik। Keyakinan। आदा दुआ पेंडापट मेन्गेनई नीलाई पेंडापेट यांग माट्सटाकन बाहवा नीला इटू उपजिक्टिफ़, पेडैपैट यंग माटैटकन बाहवा नीला इटू उपजिक्टिफ़ मेनुरट अलिरन आइडस्ट्रियामेम, नीलाई इटू ओजकेटिसम, एडम वर्ड सेटियाप सीसू पेंडापट्ट के पास मैनेटाकन के लिए बहुत ही अच्छे दोस्त हैं, लेकिन वह अभी भी कुछ नहीं कर रहे हैं। मिस्सलनिया एयर मेनजडी संघटना बिरहर्गा दरीपदा एमस बेगी सिसोरंग यांग केहौस दीपादंग पासीर निलय मेजादिकान मैनुसिया टेर्रोरॉंग अन्टुक मेलकुकन टिंडकन अगर हैपन्न्या दपत तेरुजुद दाम केहदुपन्न्या। जेनिस नीलाई मेनुरुट प्रा। डर्स नॉटनेगोरो, एसएच एडा टिगा, येटू: नीलै मेटरिल, याकनी सेसूतुतु यांग बर्गुना बैगी सेसमा मैनुसिया। निलाइ महत्वपूर्ण, योकि सेशुआतु यांग बर्गुना बैगी मैनुसिया अन्टुक मेलकसनकन केगाइटन। नीलाई केरोहनिया, डिब्बेकन मेनजडी एंपिप्ट, येट्ू: नीलई पापनानन, बर्संबर पाडा अकबर पकीरन मैनुसिया नीलाई एस्टेटिका, बर्सम्बर पडा रस मैनुसिया नीलाई केबैकन बेर्सामंबर में कींडक्षनुर मनुसिया नीलाई धर्मयुद्ध यांग बिरसफाट मटलाक डैन बर्सम पडा कीकीकनन मैनुशिया बी नैतिक नैतिक बोरसेल दरी बहता लैटिन मोरे यांग बिरती एट केजियासन दलाम बाहसा इंडोनेशिया नैतिक बिरारटी अखालक या आपसुकलांग यांग मेन्गांडुंग मक्का ताता तैटिबटिन यांग मेज़ैदिंग पींगबिंग टिंगकाह लुकु बटिन दाल छुपुप। इस्तिलह नैतिक दापत दीपर्समकान डेंगण इटिका, अखालक, केसुस्लीयन और बडु पेकरर्टी। दलाम हुबंगन्या देगेन नीलाई, नैतिक अदाल बगिनी दरी नीलाई, येट्वा नीलाई नैतिक नीलाई नैतिक बिरकातन डेंगण पेरिलाकु मनु मनुसिया तांगांग हला बाइक-बोरूक। हुकुम हुकुम मरुपाकन बगियान दारी नॉर्मो, येटू नॉर्मो हुकुम नोर्मा हुकुम अदाल प्ररितुंग यंग टिंबुल दारी हुकूम यांग बर्लक्यू। नोर्मा हुकुम पेल्लू एडा बिना मुकाइर कीपिंगिंग मैनुसिया दमसराकट और मेमोरोलेह कैहिडुपन यांग टेटीब नोर्मा हुकुम तृटुआंग दाम रूजुंग-अंडांगन नोर्मा हुकुम डिबुतुखन करन दुआ हला: कराना बेंटु सोंकियों के लिए आम तौर पर काम कर रहे हैं, कैसोलिलेन और केशोपेनन बेल्म कॉकप मेमस्कॉन्सन एंड इफेक्टिफ मैटिंडिग्गी कैटरट्रान और केटर्टिबैन मेसराकट हैं। मसीह ब्याक कन्यालु लुई यांग बेल्म डि परूर दम नॉर्ममा अगम, केससुलीन और केशोपानान, मिसलनिया पेरिलाको डिजलान राय। नॉर्मो हुकुम बिरसेल दरी नॉर्ममा अगम, केसुस्लानान एपी केशोपानान ईसाई केटीगामा ने कहा था कि वह आज के दिन के लिए सही हैं। फंगसी हुकुम: सबागई अलट पेंगुर्क तीसरे हबुनगन मसाकाक थे। सेग्गाई साराना उक्तुक म्यूजुदकान कडयलेन सोसासिअल सेबागई पेंजेक पेंगुनगुन फंगसी क्रितिस हुकुम हुकुम बर्टुजान अनटुक मेननजमू केपेस्तियन हुकुम दाम मसाकाक, सदस्य फसहह बेगी वर्गगा नेगारा और मैनिटाटकन केडीलान और केटर्टीबान बेगी वर्गैगा नकारा। नोरा तिरबागी एटस एम्पैट, येट्ू: 1. नोर्मा अग्मा Sanki yang diberikan tidak secara langsung, ताली हुकुमन अपने साथी के हर जगह पर नंगे रहते हैं। 2. नोर्मा केसुलीयन सेंन्सीनिया बेरूपा टेकनान बैटिन सेम पलाकु 3. नोर्मा केशोपानन Sankinya yaitu dapat dikucilkan oleh masyarakat 4. नोर्मा हुकम हुकुमन बिरूप कुरुणगण। हकीकत नीलै नैतिक नील काहिदुन मणुसिया नीलै और नैल सेबगाई मेटररी पेंडिदीकन टेरादाप का बंगाल मंगेतर माकसी हकीकत सेतु, सतुआ अंतराण्य आलोक अक्सिओलॉजी (फिल्सफैट नीलई) यांग मेम्प्न्याय दुआ काजियन उटाल याकनी एस्टेटिक और इटिका। Keduanya berbeda karena estetika berhubungan dengan keindahan sedangkan Etika berhubungan dengan Baik दान सलाह, namun karena manusia selalu berhubungan dengan masalah keindahan, Baik, दान buruk bahkan dengan persoalan-persoalan Layak atau tidaknya Sesuatu, maka pembahasan Etika दान estetika jauh melangkah के डेपान meningkatkan kemampuannya untuk मेन्गाकाजी फारोलायन नीली दैन नैतिक तर्सेबुट सेबैगैमिना मेस्टिनिया.मैनुरुट बार्टन्स और तू जीन मक्खन एटिका, येट्ू: कात एटिका बिसा दिपाकाई में कला निलय-निलाई और सामान्य नियम-यांग मेनजदी पेगंगन बग़ी ससेओरंग या सुट्टू कल्मपोक दाम के मुङ्ग में टेंकक़ा लकुन्या। इटिका बर्टीटी जुग कॉम्पुलन एस्स नैएलाई नैल (कोडे एटिक) इटिका मेम्प्ून्यई आर्टी इल्मू तंटांग यांग बायक और यांग बूर (फिल्सफ़ैट नैतिक) दम बोलींग पेंडिडेकन, केटिगा पेंगार्टियान द मेनजैडी बाहसन्न्या, ओल कारेना इटू बलकन नैयली नैल इंडिवुड यंग दिकाजी, टेटापी जोग मेम्बाहास कोडे-कोडे ऐटिक यंग मेज़जिंग पट्टोकान इंडिविडु दाव केदिपुण सोसास्सलन्या, यांग तंटू सज कारेना मैनुसिया एडलह मस्लुक सोशल। नीलै नैतिक डाय अंतरा पांधनन ओब्जेक्टिफ और सुजेक्टिफ मैनुसिया नीलई ने हबंग्नियान डेंगें मैनुसिया, दाल हला और मैपून एस्टेटिका का नाम लिया। मैनुसिया सेबैगई मैकलुक यांग बर्निलै अकाल मेमकेनई नीलई दाल दूआ कोंटेक्स, परटामा अकाल मेमांडांग नीलाई सेबागई सेसुआतु यांग ओबजेक्टिफ, एपीलिया दीआ मेमांडांग नीलाई इटु एडा मेस्कीपुन त्पा एडा यंग मेनिलैन्या। केडुआ, याददाब सेल्बाई सेशुआतु यांग सबजेटीफ, कलात्मक नीलै संगति यांग मायालैन्या के बारे में जानकारी दी। दुआ वर्ग के बारे में इस तथ्य का पालन करें: प्रारम्भ, अपाक ओजके इटू मेमिलिकी निलय कारेना कविता मेन्दुंबकन्या, या कविता मेन्दंबकन्या कारेना ओजइ मेमिलिकी नीलाई केडुआ, अपाक ह्रतट, केनकमान, इमानी यांग सदस्य का कोई भी विषय नहीं है, या उस भाषा का प्रयोग करने से पहले कायन्यातन बहुत बड़ा हो सकता है memiliki निलय मेन्दुलुई डैन एसेंग बोगी रेकी psikologis Badan organis kita (फ्रोंडीजी, 2001, एचएलएम। 1 9-24) नीलाई अंतरा क्वालिट्स प्राइमर और क्वालिटस सेकंडर के गुणों में से एक है, जिसकी वजह से वह अपने माता-पिता के साथ काम कर सकता है, और उसके बाद वह अपने पिता के साथ काम करने के लिए अपने घर से बाहर निकलता है, या वह अपने पिता के साथ काम करता है, दैन सेबैग्नेया, जदी कुल्टीटास सेकंडर सेपरटी ह्लान्य क्वालिट्स सेम्पिंगन यांग सदस्यिकान नीलाई लेबहि तिहेडप सिसूआतु यांग दीजदिकन ओजेक पेनिलायन क्लिटस्न्या। पेर्बदैन अंतरा के लिए किसी भी प्रकार के कल्याण के बारे में बताता है, और उसके बाद वह अपने जन्म के समय के बारे में बताता है, तो वह अपने आप को एक दूसरे के साथ मिलते-जुलते अनुभवों को पूरा करने के लिए प्रेरित करता है। किसी भी व्यक्ति के बारे में जानने के लिए, या किसी भी सदस्य के बारे में पूछताछ करने के लिए अपने परिवार के बारे में जानकारी प्राप्त करें। नीलाई बुकान सेबुह केनक्य्ययायन बैगी एन्जनी ओजीक नीललाई बेंदा और अनसुलेटेड बेंडा, मेलेनकन सिफेट, क्लीट्स, यांग डायिलिकी ओजज टर्टन्टु यांग डिकटाकन 8220 बाइक 8221 Nilai milik semua objek, Nilai tidaklah independen yakni tidak Memiliki kesubstantifan. Metode Menemukan दान Hierarki Nilai दलम Pendidikan Menilai berarti menimbang, yaitu kegiatan manusia menghubungkan Sesuatu dengan Sesuatu यांग लेन, यांग selanjutnya diambil sebuah keputusan, Nilai Memiliki polaritas दान hierarki, yaitu: Nilai menampilkan दीरी डेल एपेक पॉसिट दान एपेक नकारात्मकता यांग एससईई (पोलरिटास) सेपरटी बायक दान बोरुक, केन्दहन और केजेलेकन। नीललाई तारेसुन सेकरा हिरार्किस, येटु हिरार्क उरटान पेंटिंगन्या अदाना ब्रेसैप क्लेसीफिकासी नीताई क्लेसीफिकासी नीलय यांग देसर्कन एस पेंगाकुआन, ओजके यांग दीपरोलेहक, केंटुंगन यांग डाइपरोलेह, तुजान यांग डाइकाईपई, हबुनगंज एंटा पेन्गम्बैंगन नीलाई डेंगण केंटुंगन, और हुनानगंग यांग दहेसिलान नाइलै इटू प्रताती डेंगण हेल लाईन यांग लेबिह बाक। सेदांकन मैक्स स्कीलेर बेरपेंदपत बाह्वा हिरार्की दीदी, नीली केनिकमतन, केहिदुपण, केजीवाहन, दान निलोई केरोहनिया दन मैशीह लाई क्लीसिफाकसी लैनन्या दारी पैरा पकर, नामून एडपुल पमेगायन हिरार्की इंडोनेशिया (खसुस्निया पडा मासा डेकाडे पेंटरान पी 4), यकनी, नीली दसर, निलाई इम्प्लांटल, दान यार तारिरी निलेय प्राक्सिस। प्रबलितिका पेंबिनीन नीलै नैतिक बेबरापा पेंगरुह नीली दाम केहिदुपन सेहारी- हरि: Pengaruh Kehidupan Keluarga दलम Pembinaan Nilai नैतिक Pengaruh तेमान Sebaya Terhadap Pembinaan Nilai नैतिक Pengaruh Figur Otoritas Terhadap Perkembangan Nilai नैतिक Individu Pengaruh मीडिया Komunikasi Terhadap Perkembangan Nilai नैतिक Pengaruh Otak atau Berpikir Terhadap Perkembangan Nilai नैतिक Pengaruh informasi Terhadap Perkembangan Nilai नैतिक Manusia दान हुकुम हुकुम दलम मसाकाकुर मरुपकान तनुतिन, मेंगंगत बाह्वा किता टिडक मोंगकिन मँगगंबरकर हिदुपन्या मनुसीया तेंपा एटू डि लुवार मसाकाकट। मका मैनुसिया, मसाकाक, दान हुकुम मेरुपाकन पेंजेरियन यांग टीकाक बिसा दीपिसहक्कन। उन्मुख पुरुषों की कैटिर्तिन दलमल मकरकार, दीपरलुकान एडान कीपस्तियन दाम परगांव एंटर-मैनुसिया दाम मसाकाकट। केपेस्टियन इनी बुक्कन सजे या केदारुपन मसाकाकट मस्जिद के लिए एक मस्जिद के लिए मस्जिद का नाम लेम्बागा-लेम्बागा लगता है या तो मेलेन्कांकन्या। हुकम यांग बाक आलम हुकम यांग ससुईई डांगन हुकुम यांग हिप्पुप (जीवित कानून) दमसम्राकत, यांग तंटुन्या सेसूई पुल अयाु मेरुपाकन पेन्केरमिणन दरी-नीलाई यांग बर्लक्यू दाल मसाकाकट टीर्सबुट। मैनुसिया और हुकुम अपने अधिकारों के बारे में जानकारी देते हैं बहकान में इल्मू हुकुम, टेरडापैट एडैगियम यांग टेकेनल यंग बिरबुनियाः 8220 यूबीआई सोसाइटीज़ इबी जूस 8221 (दी मन और मसाकाक की जगह एड हुकेंडा)। आर्टिनिया बाह्वा दला सेटिएप के मुकाबले के लिए बुटुंकन स्ट्रक्चरुर सॉसियल यंग बर्नमेट मैसार्कट, मैक सेलुल अंक डिबुटुहटन बहानिफेट सेबैगई 8220 सेसमैन पेरेकैट 8221 एट बेर्गागई कोम्पेनन पेमेन्टुक दारी मैसराकट इटू, और यांग बेर्फ़ंगसी सेबैगई 8220 एसजन पेरेकैट 8221 टीर्सबुट आलम हुकूम किसी भी प्रकार के व्यक्ति के बारे में पता करने के लिए, अपने मुकाबले के मुताबिक काम करने वाले व्यक्ति (संगठन) के अंत में डायनाएंटिटालटाइटील टैटिन सोजीअल (सामाजिक व्यवस्था) यान बर्नमा: मसायार्कट गुना मेम्बांगन और मेण्ट्रटहंकेन् ततानन सोशल मसाकार्क यांग टेरर्ड इनी, मका मैनुसिया मेम्बूटुखान प्राणता पेंगुएट यंग टेरपिरी दरी दुआ हला: एटुरान (हुकुम) और पेंगुट (केकुसासन).Hubungan Hukum दान नैतिक नैतिक नियमों के अनुसार, नैतिक स्तर पर नैतिकता के अनुसार, । Oleh karena itu kualitas hukum harus selalu diukur dengan norma नैतिक दन पूनंडांग-अंडांगन यांग अनैतिक Harus diganti। मेस्किपुं हुबुनगण हुकम और नैतिक शुरूआत में, ननुक हुकम और नैतिक टेट्स बिरडे, सेब दालान्यानी मंगलकिन अदुकुण यांग बर्टेंटेंगन नैतिक या नैतिक या अनैतिक यांग, यांग बिरताई तिरदपत केटदोकोकोकन अंतराल नैतिक नैतिकता के कारण थे। क्वालिटस हुकुम टेलेलेट पाद बोबोट नैतिक यांग मेनजीविया तनपा नैतिकतास हुकुम तापास कोसॉंग दान हंपा (दहलान थैब, एच .6)। नमुना डेमिकयन प्रतिबद्दर अंतरा हुकम और नैतिक संघटक जेल। पेर्डेन अंतरा आदेश और नैतिक पुरूष के बर्टन: 1. नैतिकतावादी नैतिकता के बारे में लेखकों के अनुसार, लेखकों के अनुसार, Oleh karena itu norma hukum lebih memiliki kepastian और objektif dibanding dengan norma नैतिक सद्नान्कन नैतिक नैतिक अध्यापक और उपनिवेशों के लिए 8216 डिगेंग्ग 8217 के बारे में बताया गया है कि वे अपने माता-पिता के बारे में बताते हैं कि वे कैसे जानते हैं 2. मेस्की नैतिक दान हुकुम में तंग्का लकु मेनुसिया, नानन हुकुम मेम्बाटसी दी सीबेट लहिरिया साजा, नैतिक मेन्नेंगकट जुग सिकैप बैटन सैसेरंग। 3. Sanki yang berkaitan dengan hukum berbeda dengan sanki yang berkitan dengan moralitas। हुकूम बिना सेबैगियन बसारे दपत डिप्तेकन, पेलांगगर अकाल टेराकेना हुकुमन। आप अपने पिता के बारे में बताते हैं, तो आप अपने बच्चों के लिए प्यार कर सकते हैं, अपने आप को प्यार करते हैं और उन्हें बस के रूप में दे सकते हैं। सत्य-सतत् सुन्नी सद्भावने के लिए नैतिकताएं हैं 4. हुकम देसकरन आंस केंडक मसाकाक और एकेरे के साथ कीडेक नेगारा। मेस्किपुण हुकुम ने लिखा है कि वह किसी भी प्रकार के लोगों से पूछताछ नहीं कर सकता है, इसलिए हम इस बात पर विचार कर सकते हैं कि आप नेहुआसपुपा बर्लैक सेबगई हो गए हैं। डेंगांगा कैरा डेमांकार्टा कैरा लैंमेस्सारकत दपत मेन्बुबा हुकुम, टैपिक मसर्काट की दपत मँगुबा या मेमटालकन सूटू नॉर्मल नैतिक। नैतिक मनिलय हुकुम और टिडक सबालिक्य्या सेदांकन गुनावान सेतिदाजा याददाकान हुकुम और नैतिक: 1. दीयाहट दर दसरीन्य, हिम मेमिलिकी डसर यूरीडीस, कॉनससस और इहुकु सलेमंग नैतिक बेर्दासरकन ओकैम। 2. दीयाहट दारी ऑटोनोमिनाया हुकुम बर्सिफ़ेट हेटोरोनॉम (आंकड़ों के बारे में उनकी जानकारी), नॉर्मल बिर्सिफाट ओटोनम (डेटा की वजह से)। 3. दीयाहट दारी पेलकनान्य हुकुम सेक्रा लहिरिया दापत डिप्टाकन, 4. दीयाहट दे द सिंकिन्या हुकुम बिर्सिफ़ेट यूरीडीस। नैतिक बिरबेंटुक सोंक्सी कोडराति, बतिन्याह, मेनिसल, मलू तेरादप दीदी प्रेषि 5. दिलिहाट देउ तुजान्न्या, हुकुम मांगे सेहुदीपन मैनुसिया के ख़ुदुपन बर्नगेरा, नैतिक रूप से नैतिक रूप से कहीडुपन मैनुसिया सेबागई मैनुसिया। 6. दलित हनुमानजी के बारे में और अधिक जानकारी के लिए, आप के बारे में जानकारी देने के लिए, नैतिक अधिकारों के बारे में जानकारी देने के लिए, और अभी भी (1 99 5, 9 9) 1. Pelanggaran Etik Kebutuhan एक विशेष रूप से मान्यता प्राप्त करने के लिए एक नियम और नियम के रूप में इस्तेमाल किया जा सकता है। कोडे एटिक प्रोफेसी डबूटुंक्न अपन यूट माजगाट मार्टबेट सर्टा केहोरमेट प्रोफेसी एंड मैनेजुन्गी मैसारीकट द डेड सिगला बेंटक पेनिपींगन माउपुन पेनियलहगुन केलियान मेस्किपुंग टेलहे मेमिलीकी कोडे एटिक, मासीह टेरजदी पेलंगेगर टेरादप प्रोफेसी कॉन्टोह्न्या: डॉकटर मेलंगगर कोड एटिक केडॉकटेरान Pelanggaran terhadap kod etik tidak diberikan sanki lahiriya ataupun yang bersifat memaksa Pelanggaran etik biasanya mendapat sanksi etik berupa rasa menyesal, bersalah dan malu। बिला सीओरंग प्रोफेसी मेलंगगर कोडे एटिक प्रोफेसिनिया इया अकान मेडेपट्टन सैकसी एटिक लेम्बगा प्रोफेदी, सेपरटी टेक्नोलॉजी, डायरेक्ट कांगोगोतान्या या तो डायपरबोलेक्वेन्ने मेन्जानी प्रोफेसी टीर्सबुट 2। Pelanggaran Hukum Problema हुकूम यांग यांग बर्लक्कू देसस में आदाह मसिह बहादानी केसादरण हुकम मसाकाकट। अकीबातनी ब्याक़ी तारजदी पेलंगेगर हुकुम बहकान, पडा हलाल काशी यांग सेसगुग्न्या टिडक टर्लू टेराजादी मिसलन्या, सेकरा सेन्जैज टिडक मेम्बावा सिम डेंगें सेन्जज डेजन अलेसान अन्टुक सिमेंटारा वक्ता। पेनलंगारन हुकुम डॉट कॉम सीआरपीट बिरर्टी पेलान्गर्न टेरहाडप पेंडंड-अंडांगन नेगारा Sanki atas pelanggaran hukum adalah sanksi pidana dari negara yang bersifat lahiriyah और memska masarakat secara resmi (Negara) berhak सदस्य sanksi bagi warga negara yang melanggar hukam बिला दीसीमती, अदाना बेबरापा हॉल यांग मेनयेब्बैकन लेमह्न्या पेनेगाकन हुकूम, अंतराल: कैसादरन पेन्टाहुआंग हुकूम यांग लीमा। किसदरण पेनस्टाहुआन हुकुम यांग लेमा, दपत बेरेफीक पडा पेंगबिल्लन जलन पेटास डेल मेनइलेस्काइकन पर्सोलेन मिसिंग-मैसिंग। मसाकाक यंग टिडक मेंगार्टिक अकान हुकुम, बिरपोटेंसी बेशर मेलाकुकन पेलेगंजर्न टेरहादैप हो गया। केततन तेरादप हुकुम दलाम केहिदुन सेहारी-हरि जर्ंग बुडाया इगोसीम दारी इंडिडुकूक्यूल एडा साजा ऑरंग यंग मेलंगगर हुकुम डेंगान बंग्गा इया मेनसेटरकन पेरुबुटान्या केपे ऑरंग लाइएन। पेरिलाकु उत्परुर्त हुकुम पेरिलाकू अध्यापक हुकुम बाक दिन सेन्ज अहाउपुन टिडक जुगा ताल्ल्ह मेम्पेन्गुरु दलम पेंगाकन हुकूम। Misalnya aparat kepolisian यांग दलम menagani Suatu Kasus dugaan tindak pidana, tidak Jarang दलम kenyataannya juga langsung memvonis seseorang अग्रिम Bersalah Faktor aparatur हुकुम Permasalahan हुकुम di dindonesia dapat diminimalisasi melalui proses pendidikan यांग diberikan Kepada masyarakat, diharapkan Wawasan pemikiran mereka यमक Semakin meningkat sehingga mempunyai kemampuan untuk मेमिकिरक बान्यक वैकल्पिक रूप से हमारे मेकाक़ान मस्लह हुकम और मेरे मेलकुकन पेलेगर्गेन होकुम थे। डेगान नामा अल्लाह यांग महा पेंगासिह लागी पेनायांग, सलवत और सलमान पर जुंजानगर नबी मोहम्मद ने देखा। Alhamdulillah dengan izin दान petunjuk-न्या penulis dapat menyelesaikan penyusunan Makalah माता kuliah Umum Ilmu Sosial दान Dasar Budaya यांग berjudul 8220Problematika peradaban bagi Kehidupan Manusia8221 Berbagai सहायता Baik Moril maupun materil अग्रिम penulis terima dari berbagai Pihak दलम penulisan makalah आरं, maka दलम kesempatan आरं penulis menyampaikan रस टेरिमा काशीह यांग सेबसर-बसेन्या और सैगल डुकुनगन्, बिंबिंगन दान बंटुआन यांग संगति बेरती सेलाम पेनुलिसन मकालह इनi हिंगगा दपत डिसलेसेकियन। इज़िंकनलाह पेन्सिलिस मेन्गुकेपैण टेरिमाकसीह और पेनगर्गेन केपेडा: 1. बीपीके जूलस्री सेलाकू डोज़्ज़ेना माता कुलीहम इलमू सोसाइल और डसर्स ब्यूडाया या टेलहे सदस्य का इल्मू पेनस्टाहुआन, बिंबिंगन, डोरोंगन, इटिवाटिक सर्टेट्स यांग संगट बेरगार्गा मैनेल्सियाकैन मैकेलाल 2। महावीसिवई यूएनपी यांग टेलि बरबागी पेंडापत, रेफ्रेंसिसियालम हला इनी अखिरा काता, पेनुलिस मेमोहोन माफ जीका एडा पेनुलीज़न यांग सलाह करेना पेनलिस एडलह मैनुसिया यांग माशीह बेलजर काटा पेंगंतर। 2 बाब मैं पेंडहुलुआन 4 लेटर बेलकांग 5 रुमसान मसाला 5 बाबा द्वितीय पब्लाहासन कामेजुआन मीडिया कम्युनिकेशंस बागी अदब और पेरादबान मैनुसिया 8230823082308230823082308230 5। केमेजुआन आईपीटीईके बागी अदब और पेरादबान मैनुसिया 823082308230823082308230823082308230823082308230 6 पर्टुंबुआन और पेर्कबेंगन डेमोग्राफी तेरहादाप अदब और पेरादबान मैनुसिया। 7 बॉब III पेंटाउप दफ्तर पस्ताका 15 बाब मैं पेंडाउलुआन ए लेटर बेलाकंग पेरादबान आलमः सेबहा इसिटाल यांग डिगुनाकन उंटुक मेनयेबुतान बैगियन-बैगियान एट्यू असुर केबूद्यान यांग डैनगैप हल्लस, इंडिया और मैजू। कॉन्सप्ट केब्यदयायन अदलाह प्रकीम्बानन केबोडियान यांग टेलहे मेनकेपैटिंग टंगटेट टंगटेट यांग टीकेरमैन डेल टंककैट इंटेलेक्चुअल, केइंडहाँन, टेक्नोलॉजी, आध्यात्मिक यांग टेरिलिहैट पेज मैसार्कट्निया। कबुडयायन बर्सिफाट दीनामीस ओलेह सेबब इटू इया दपत मींगलामी परुबाहान और प्रेसिजनरान फकटोर उटामा और विश्व के सबसे बड़े ग्राहकों के लिए धन्यवाद। ग्लोबलिससी अकादमी के अनुसार, विश्व भर में दुनिया भर में दुनिया भर में दुनिया भर के लोगों और दुनिया भर में मसाकाद की दुनिया भर के लोगों की संख्या में वृद्धि हुई है। सूचना प्रौद्योगिकी और प्रौद्योगिकी के क्षेत्र में तकनीकी ज्ञान प्राप्त करने के लिए पेशेवरों के बारे में जानकारी दी गई है। ग्लोबलिसैसी मेनसेंटह सेल्गुर्ट एपेक पेंटिंग केहिदुन। ग्लोबलिसैसी मेनसिप्टकन बिरबागई तंतानन और परमपालहुण बारुआंग हरि डिज़वाब, डायपरकैंक दलाम् अपया मेमनाफाटैक ग्लिलाइसीसी अनटुक केपेंटिंगन केहिदुपन। Wacana globalisasi sebagai sebah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan और teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar इंडोनेशिया की समस्या के बारे में यंग टिमुल्ब एककीबाट ग्लोबलाइज्ड दीनारान्त दापत दीयाहट में बोलींग बासा, कासेनियन, जुग यांग टेर्पेन्टींग-केहिदूपन सोसासिअल। अकीबाट टेक्कोलॉजी यांग बेगुएट पेसैट की यात्रा के दौरान, इंडोनेशिया के पारंपरिक इंडोनेशियाई इंडोनेशिया में यात्रा के दौरान पेरिस्टीवा ट्रान्स्केल्चरल सेपरटी इटू माऊ टिडक माऊ अकिन बिरपेनगर्ह तेरहादैप केबेरदान केसेनियन कैटा। पदहैल केसीनियन परंपरागत कविता मरुपाकन बियाियां दारी खसाना केबूद्यान नैसिअल यांग पेल्लू दीगागा केलियेस्टेरिन्या। डेंगान टेक्नोलॉजी इंटेलिजेंट यांग सीकाकिंग सेपरटी सट इनi, कूट डिगुली बैनिक ऑटिटीफिंग हॉरबैन एंड इंफॉर्मेशन इंजेक्शन यांग लेबि बेरागम, यांग मंगलकिन लेबि के मैनुअल जॉकी डिबेंडिंग डेंगण केसनियन ट्रेडिशनल केटा। डेंगान टेलिविसी, मसाकाट बिसा मैनीक्युकन बिरबैगई तैयंगन हाइबर्न यांग बर्सिफ़ेट मेन्ड्यूनिया यांग बिरसल और बेर्बिगई बलमान बूमी हाल ही में मेनेबैबैंक टेरिंगगिरकन्न्या केसेनियन आस्लि इंडोनेशिया समस्या की वजह से यांग पेंटींग लैनन्य adalah adanya kemungkinan punahnya suatu Bahasa diarah tertentu disobabkan penutu bahasanya telah 8220terkontaminasi8221 oleh pengaruh globalisasi। सम्तोष कसुस्निया इयाह सेपरटी यांग तेरजादडी सुमातेरा बरात द दराह इनि सर्इंग काली केटाइकक कॉन्टैम्पुरन बाहास (कोड मिक्सिंग) यांग बायसंनान दितुतुर्कन ओले अकाल मुदा सुमादर बरत, सेपरटी पेंकम्पुरन बहासा बेटाई और मिनांग दलीक्रकपन सेहारी-हरि (काम के लिए गाक टू गुना डै, और लैन-लैन)। हेल इन जेलस मेगांकम एक्सक्लेन्सी बाहस द सुटु डाएरह ख। Rumusan Masalah Mengamati दान mengkritisi Dinamika peradaban वैश्विक Serta problematikanya pada Kehidupan manusia Mengetahui permasalahan evolusi peradaban manusia यांग menghasilkan masalah यांग घातक दान bisa mengatasinya बाब द्वितीय PEMBAHASAN मैं Kemajuan मीडिया Komunikasi Bagi Adab दान Peradaban Manusia Muncul दान berkembangnya मीडिया बारू दलम dunia komunikasi Membawa dampak बेसर बागी केहिदुपन मैनुसिया डी सेल्लुरु डुनिया पैरा अहली पंस मेन्गमुकान बिरबागई तेरी यांग दापत मेगाकॉमोदसी और मैनेजेलस्कैन डैपाक यांग टेरजादी एकीबेट पेर्कबेंगन मीडिया बारू टीर्सबुट। टेरी उपयोग और ग्रैफीफिकेशन टेलि मेनकोबा मेनजेलस्कैन पेंगुइन मीडिया मीडिया इलेक्ट्रोनिक कॉम्यूनिकेशनल सेजुम्ला स्टूडियो यांग सिम डकोबा के बारे में जानकारी के लिए, एक संगठन के लिए कम्प्यूटर प्रोग्रामिंग के लिए जिम्मेदार कम्प्यूटर प्रबंधक, यांग कम्प्यूटरीज़ से संबंधित कंप्यूटर संचार मध्यस्थता संचार। दलाम स्टूडी इनआई डिस्कोर्टन पीला अल्ट-अलैट बाक यांग बिरुबुनगन लैंगसंग माउपुन टिडक बरहूबुनगन सेकारा लंगसांग डेंगें कॉम्प्यूटर। सेबूह हॉल टेरपेंटिंग यांग दीपरहितिक दी सिली आदाल्ला कॉन्सप्ट केहादीरन (उपस्थिति), दी मानव सेसुआतु यांग माया दीरासकन सोलह सेबैगई ओजके यांग बर्न्यता। सेडंगकन सामाजिक उपस्थिति के बारे में चिंतनशील रूप से प्रकाशित किया गया था, यांग दिरसकन ओलेह ससेओरंग मेललुई आइसरटेट या तांड-टांडा यांग पर बेर्गेगाई मीडिया कम्युनिकेशंस। ई-मेल अकाउंट मेकिलिकिंग टिंगकैट 8220presensi8221 यांग रिहा, किसी भी जानकारी के लिए सूचना का पता लगाने के लिए, ईमेल के माध्यम से फीडबैक की जानकारी के लिए, या तो इंटरनेट पर या उससे जुड़ी जानकारी प्राप्त कर सकते हैं। सेंडान्कन वीडियोकॉन्फरेंस के बारे में जानकारी देने के लिए श्रृंगारिक यांग टिंगी के बारे में बात करते हैं, और उनके कामकाज के बारे में लोगों के बारे में जानकारी देते हैं, और उनके कामकाज के लिए काम करने वाले व्यक्ति को मौखिक रूप से काम करने वाले व्यक्ति के नाम से जाना जाता है। न्यासी सुरा, डीएसबी दम्पक मीडिया कॉमपेटर सेलमा इनi, पेनएलेबरन इंटरनेट टेलहे मेगुबुर्ह इटिएटियन मसाकाक तेरादप पेंगाराह मीडिया बारू सलाहा सातुना मेगुबाह रोज़ी मैसराकट तंवर मीडिया-मीडिया बारू लाहिला बेबाराग स्टैडी यांग मेनेलिटी मेन्गेनिई डंपक पेंगुनाण मीडिया बारू इनi, हिंगगा पाडा अखीरन्निया डिंपलुंकान डैपाक यांग डिबावा ऑल केम्यूज टेक्नोलॉजी कम्यूनिकेशी। ओ पेरिलक्यू एंटीसोसोयल (एंटीज़ोशल बिहेवियर) पेर्कम्बैंगन कम्यूनिकेशनल कम्प्यूटर कॉमपेटर बर्जलान सिगारिंग डेगान टम्बब सुुरीन नीलै-निलेय मेनिआईपांग यांग डायहसिलान ऑल तांगन-टांगन टाइदक बर्टांगगुंग जवाब Sejauh ini, para ilmuwan menyimpulkan bahwa kecerasan ki kamacar ke liye hai ki kamputer hai ke liye hai ke liye hai ke liye hai ki te ke liye hai बखान ने वीडियो गेम के बारे में जानने के लिए वीडियो गेम को आमंत्रित किया था, लेकिन वह कभी नहीं मिला था, वह कभी भी नहीं था, लेकिन वह कभी भी टीवी या ताइवान के कोकेशन यांग सेबेनारन के बारे में पता चला था। सेलेन इटू, पोर्नोगराफी यांग मारक डी इन्टरनेट जोग ikut meracuni otak anak-anak। Pelakunya के बाद से सदस्यों को जोड़ने के लिए या किसी अन्य व्यक्ति के साथ संबंधों को जोड़ने के लिए या किसी अन्य व्यक्ति के साथ बातचीत कर सकते हैं। सेंडकन पर यांग डेवस, पोर्नोग्राफ़ी टिडक मेननजुकैन हैसिल पेनिम्पंगन यांग साइनिटीक सेपाक अनक-अनक अपबीला दीयालयत दरी सेसीसिवेट्स और पेरियाकुन्या। ओ केसेमासन बेर्लीबिह तेराहाडैप कॉम्प्यूटर (कम्प्यूटर की चिंता) कंप्यूटर साइबराफोबिया या साइबरफ़ोबिया से संबंधित है। योकनी रस टाट, सीम, ख्वाटिर पडा सट मंगलगुप्त कॉम्प्यूटर। बायसानिया दिटुनजुकान ने देगण जीजला-जिजला म्यूअल, प्यूसिंग, और क्रिएटरैट डिंगिन से सट मैंगगुनाकन कॉम्प्यूटर। सी पेंगुना बाइसनुना मेरास टेकट अनटुक कॉम्प्पटर एट एट-अलट कंग्गह लाइन करीना सलाद मेनकेन तोगा, ताक तराजदारी हल-हलाल यांग टिडक जिन्क सलह मेगासोपारसिकन सटू एट, डीएसबी। हाल ही में सड़कों पर चढ़ने वाले नारंग-ओरंग यांग उममया टिडक मेमिलिकी बीकल पेनटाहुआंग यांग कॉकप तांगंग अल्ट टर्टन्टू, याऊंग ऑरंग यंग केम्पम्पुअन पेरुटुंगन्या कुरंग बाइक। Orang-orang semakam ini akan menggunakan komputer dengan porsi sesedikit mungkin। मुरीद यांग मेराकाई कम्प्यूटर डी केलस एट पेकरजा यांग मेनिगंदारी पेकरजायन यांग बरभुबन डेंगन कॉम्प्यूटर मोंग्कीन मेरुपकान तंद-तांद दी कम्प्यूटरफ़ोबिया। बेरबेडा हलनिया डेंगान कंप्यूटरफ़ोबिआ, इंटरनेट आत्म-प्रभावकारिता के लिए उपयोग किया गया था, याहू के साथ-साथ, उनके विपणन के लिए प्रौद्योगिकी यांग एडीए और लेफ्टिनेंट बिनीक बार्इंटरक्षी डेंगन् कॉम्प्यूटर से पेनसिल्सेअन पेकरजाइन्या। ओ किटागीन (आदी) मीडिया कंप्यूटर्स मेमिलीकि क्वालिट्स इंटरक्साई यांग मम्पू मेग्रेशन टिएप गेराक पेंगुनान्य। कदांग कला, कम्प्यूटर मम्पू म्यूजुदक्कन एप यांग मेन्जैडी हारापन पेंग्नान्य, नामक कडंग टिडक, हिसन्यान पन बेर्वरीसी पडा तिआप पेंगुना। केम्म्पुआन इन यिंग अचिर्न्य्य मेनंटट की 8220datang lagi8221 और मरेसाकन हॉल यार्ड के साथ - प्रियांप केटजीहहान यांग सिमरी नेपार्डी दीदी। यांग मेनजदी बहन डिस्कसी दी इन्टारा पैरा ऑरंग टूआ एडालह ऐनाक-अनैक मैके यांग किकंडुआन अनार टूरस बरमैन डि डिपन लेयर कॉम्प्यूटर टैन्पे हेन्टी। ब्रेनर दलम बुक्कुन्या मेंगताक भारी इंटरनेट यूजर मेननुकुकन जीजला-जजला यांग मेर्गार पडा केटजीहैन, अंतराल कैकेंडुआन और मेन्नेरिक दीय दींगकुनगन सॉसियल। हाल यंग कम जुगा टेराजादी पडा यांग देवास। इस बात के लिए, इंटरनेट पर इंटरनेट या इंटरनेट का उपयोग करने के लिए किसी भी प्रकार के खेल के बारे में जानकारी नहीं है। जुआ खेलने, फंतासी खेल लीग, और गेमिंग वर्चुअल लॉन्या के लिए मेरेका रिला मैगज़ीशिक। मेनूरट सीरंग साइकोलॉग, शेरी टोकले, केकूटन कॉम्प्यूटर बकट की वजह से हलाल-हेल की ल्यूरनाएकेस्टर्नल लेकन्या पाडा ओत-ओतानेन, तापी के लिए एक यांग-नारंगी यांग यांग के पास गया था, और उसके बाद केप कम्प्टर के पास केटगिल-गिलान की तरफ से तंग आ गया था। सुट्टू हांग यांग मैनाइकिक कम्पाम्पु कॉम्प्यूटर के लिए बिना किसी मेमोरींग पेंटरमैनन की ओर से पेंगुइनों के बारे में पूछताछ के लिए एक ही समय में मौका मिलता है। दलम हेल इनी, कम्प्यूटर के लिए कंप्यूटर से जुड़े हुए कंप्यूटर से जुड़े हुए हैं, कंप्यूटर के माध्यम से कंप्यूटर के माध्यम से इंटरनेट के माध्यम से इंटरनेट का उपयोग करने के लिए इंटरनेट का उपयोग किया जा सकता है। ऑरंग-ओरंग इनू जुगा इगिन मार्जेक्सप्रेसिण दीरि मीका मेललुई कॉम्प्यूटर और मैनिप्टकन गया सिसाई डेंगण केप्रीबियाई माज़िंग-मैसिंग। Tumbuh kembang internet di dunia di dukung oleh beberapa faktor, हलाइटाटैमा अल्लाह कारेना इंटरनेट इंटरनेट के बारे में जानकारी के साथ परिचित और बेर्सेफाट मेमडुक्क पैनगुनान्य। सेलेन इटू, पुरुषों के बारे में जानकारी देने के लिए, या किसी भी जानकारी के लिए उन्हें इंटरनेट पर जानकारी देने के लिए मीडिया के बारे में जानकारी प्राप्त करने के लिए मीडिया के बारे में सूचना देना चाहिए। लेट इंटरनेट के माध्यम से मार्सियाई डेटा को बेर्बिगाई बेंटुके, मुलय के साथ सेलेक्शन ट्यूलीन्सन, सम्पई वीडियो क्लिप यांग बर्गरक Bagaimanapun, perkembangan media informasi memiliki dua sisi yang mutlak ada, yakni segi positif dan negatif. Di atas, para psikolog menguraikan dampak-dampak negatif yang diusung oleh media baru. Di sisi lain, media baru membuka mata negara-negara berkembang untuk memandang ekonomi global dari sebuah alat bernama komputer. Internet juga memiliki peran dalam bidang ekonomi, hal ini terlihat dari adanya e-commerce atau e-business . Internet berperan sebagai infrastruktur yang membantu transaksi perdagangan dari penjual pada pembeli. Internet juga bisa disebut sebagai pasar belanja terbesar dengan jaringan informasi dan komunikasi terluas. द्वितीय। Kemajuan IPTEK Bagi Adab dan Peradaban Manusia Dari zaman ke zaman, perubahan yang terjadi di dunia ini amatlah sangat pesat, apalagi dari segi Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Bila kita ingat zaman dahulu, banyak para ilmuwan menemukan berbagai hasil percobaannya, dan kemudian diluncurkan lalu dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, seperti adanya ilmu fisika, ilmu matematika, ilmu kimia, ilmu biologi, juga ilmu sosial. Semua ilmu itupun masih diterapkan hingga saat ini oleh kita semua. Tak dapat kita bayangkan apabila para ilmuwan tidak menemukan berbagai penemuan luar biasa untuk peradaban manusia, kita bahkan mungkin tak dapat untuk bertahan hidup, karena kita akui bahwa kita sangatlah butuh akan keberadaan ilmu pengetahuan dunia untuk menjalankan kehidupan di dunia fana ini. Namun, di balik semua itu kita patut, wajib, dan haruslah untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena keagungan-Nya lah ilmu pengetahuan itu dapat kita rasakan dan manfaatkan selama kita hidup. Setelah itu, kita patut untuk menjaga dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan tersebut sampai saat nanti untuk masa depan dan peradaban manusia. IPTEK di satu sisi sungguh sangat membantu kita selaku manusia dalam mengerjakan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari, seperti: 1. Mengetik laporan kerja dengan komputer 2. Menelepon orang lain dengan handphone 3. Mendengarkan musik dengan mp3 player 4. Mengetahui berita dengan televisi 7. Mendinginkan ruangan dengan ac 8. Dan masih banyak lagi contohnya Bahkan saat ini telah diciptakan robot menyerupai manusia yang bertujuan untuk menggantikan manusia dalam mengerjakan tugas sehari-sehari. Kita jadi sangat tertolong dengan adanya teknologi yang kian lama kian maju. Namun, di sisi lainnya, kita jadi dimanjakan oleh teknologi. Manusia jadi malas, bahkan sangat tergantung oleh teknologi yang membantu mengerjakan pekerjaan sehari-hari kita selaku manusia. Jadinya, manusia tidak ada usaha sekuat tenaga untuk mengerjakan pekerjaannya dengan tangan sendiri. Padahal sungguh bangganya kita bila suatu pekerjaan dapat dilakukan dan diusahakan sendiri. Kemajuan IPTEK menunjukkan kemampuan intelektual (intelligence) manusia juga berkembang. Jadi teknologi selalu membutuhkan manusia supaya dapat diciptakan untuk peradaban manusia. Tetapi manusia tidak sepenuhnya selalu membutuhkan adanya teknologi untuk kehidupannya, karena manusia memiliki intelektual, sedangkan teknologi tidak memiliki intelektual. Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana. Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast amp Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia. Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Seseorang menggunakan teknologi, karena menusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih mudah, lebih aman, dan lebih-lebih yang lain. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi 8220dunia8221 terhadap pengembangan teknologi. Menurut B. J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu. ( 1) pesawat terbang, (2) maritim dan perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi, (6) rekayasa. (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan keamanan. Pada satu sisi, perkembangan dunia iptek yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi lain, pesatnya kemajuan iptek ternyata juga cukup banyak membawa pengaruh negatif. Semakin kuatnya gejala 8220dehumanisasi8221, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini, merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa kemajuan iptek tersebut. Bahkan, sampai tataran tertentu, dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus atau makhluk teomorfis. Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia. Perbudakan dan penjajahan di North America, Asia dan Afrika hanya memungkinkan melalui dukungan iptek. Perkembangan iptek di Eropa Barat membuahkan revolusi industri yang menindas kelas pekerja dan yang melahirkan komunisme. Produksi weapons of mass destruction, baik kimia, biologi ataupun nuklir tentu saja tidak bisa dipisahkan dari iptek belum lagi menyebut kerusakan ekosistem alam akibat dari kemajuan iptek. Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Dari segala dampak terburuk dari perkembangan iptek adalah dampak terhadap perilaku dari manusia penciptanya. Iptek telah membuat sang penciptanya dihinggapi sikap over confidence dan superioritas tidak saja terhadap alam lingkungan melainkan pula terhadap sesamanya. Eksploitasi terhadap alam dan dominasi pihak yang kuat (negara Barat) terhadap pihak yang lemah (negara dunia ketiga) merupakan ciri yang melekat sejak lahirnya revolusi industri. तृतीय। Pertumbuhan dan Perkembangan Demografi Terhadap Adab dan Peradaban Manusia Johan Sussmilch (1762): 8220Demografi mempelajari hukum Tuhan yang berhubungan dengan perubahan-perubahan pada umat manusia yang terlihat pada kelahiran, kematian, dan pertumbuhannya.8221 Achille Guillard (1855): 8220Demografi sebagai ilmu yang mempelajari segala sesuatu dari keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur yaitu meliputi perubahan secara umum, fisik, peradaban, intelektualitas, dan kondisi moral.8221 David V. Glass (1953): 8220Demografi terbatas pada studi penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi, yaitu: fertilitas, mortalitas, dan migrasi.8221 UN (1958) IUSSP (1982): 8220Demografi adalah studi ilmiah mengenai masalah penduduk yang berkaitan dengan jumlah, struktur, serta pertumbuhannya. Masalah demografi lebih ditekankan pada segi kuantitatif dari berbagaifaktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, yaitu: fertilitas, mortalitas dan migrasi.8221 Donald J. Bogue (1973): 8220Demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematik tentang besar, komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang perubahan masa melalui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran (fertilitas), kematian (mortalitas), perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.8221 Bapak demografi: John Graunt menganalisis data kelahiran dan kematian yang diperoleh dari catatan kematian (bills of mortality) yang setiap minggu diterbitkan oleh petugas gereja-gereja. John Graunt mencetuskan hukum-hukum tentang pertumbuhan penduduk. Demografi (Kependudukan) adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Meliputi di dalamnya ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau etnisitas tertentu. Problematik demiografi dalam meningkatkan kesejahteraan sudah berada di wilayah terapan ilmu demografi. Pertanyaan mendasarnya adalah upaya mencari keseimbangan struktur penduduk di wilayah tertentu pada periode tertentu dan kesejahteraan optimal yang dapat dicapai. Contoh kasus, pemerintah RRC melarang pasangan suami isteri memiliki lebih dari satu anak sejak akhir 1970-an (1978 atau 1979). Alasannya untuk mengurangi angka pertumbuhan penduduk sehingga beban sosial ekonomi berkurang. Implikasi kebijakan ini sangat banyak, antara lain budaya Cina yang menginginkan anak laki-laki tidak jarang memicu aborsi ketika bayi dalam kandungan diketahui berkelamin perempuan. Cina berhasil mencegah kelahiran 400 juta bayi selama 1978-2008, 30 tahun. Namun, bersamaan dengan peningkatan keseejahteraan Cina, akan sering terjadi beban sepasang suami-isteri adalah empat orang tua yang panjang umur dan satu anak hasil perkawinan. Kasus Indonesia, sejak reformasi 1998, intensitas program Keluarga Berencana tampak menurun. (Coba perhatikan semakin banyak pasangan suami-isteri di sekeliling kita memiliki lebih dari dua anak antara 1998-2008). Belakangan Kepala BKKBN mengingatkan akan terjadi ledakan jumlah penduduk dan segala implikasinya di Indonesia jika program KB ditinggalkan. Kampanye KB pun dimulai lagi, namun belum seintensif di masa Presiden Soeharto. Sejak tumbangnya Orde Baru, perkembangan masyarakat di Indonesia ditandai oleh perbedaan pendapat yang akhir-akhir ini menjurus kepada ketidakserasian bangsa. Dampak dari rasa muak terhadap friksi yang tidak berkesudahan, mulai muncul di kalangan awam kerinduan atas keadaan masa lalu yang dianggap relatif stabil, aman, dan mudah mencari makan. Konflik yang berkepanjangan tidak perlu terjadi apabila kekuatan politik yang ada memahami keadaan dan perkembangan struktur demografi Indonesia. Secara demografis, konflik di Indonesia sebenarnya dapat dijelaskan dari sisi perbedaan antargenerasi (inter-generational gap). Struktur penduduk sebenarnya menggambarkan pengalaman anggota masyarakat di mana setiap orang yang ada di dalamnya telah melalui siklus kehidupan, dari sejak lahir, bayi, anak, akil balik, dewasa, tua dan akhirnya mati. Perjalanan kehidupan setiap orang dengan latar belakang yang mempengaruhi tata kehidupannya ini akan membentuk sikap, pandangan dan perilaku. Dinamika penduduk akan melahirkan push and pull theory . yaitu Pertumbuhan penduduk merupakan keseimbangan yang dinamis antara kekuatan-kekuatan yang menambah dan mengurangi. Laju pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun selalu bertambah. Perubahan jumlah penduduk ini disebut sebaagi pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk adalah bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk di suatu daerah atau negara dalam kurun waktu tertentu. Tingkat pertumbuhan penduduk di negara kita masih termasuk tinggi. Idealnya, struktur penduduk membentuk urutan generasi yang teratur. Kenyataannya, keberhasilan usaha menurunkan kelahiran dan kematian selama ini telah membentuk struktur penduduk Indonesia di mana generasi yang dilahirkan tahun-tahun 1980-an dan 1990-an jatuh berhimpitan di antara generasi-generasi yang dilahirkan di tahun-tahun sebelumnya. Akibat dari perkembangan status ekonomi dan teknologi kesehatan yang lebih baik menyebabkan generasi kelompok lanjut usia (generasi 1920-30) masih signifikan dalam struktur penduduk Indonesia. Keberadaan mereka dalam masyarakat mulai mendorong permintaan pada sarana dan pelayanan geriatri. Mereka adalah kelompok yang mampu melalui Perang Dunia II dan depresi ekonomi di tahun 30-an dan perlu diperhitungkan keberadaan mereka. Latar belakang kehidupan mereka membentuk kepribadian konservatif, dan hemat. Oleh karena mereka merasa ikut menanamkan dasar kebangsaan di masa remaja, mereka mengharapkan generasi selanjutnya menjadi kuat, loyal, hemat, dan mempertahankan kekerabatan dalam arti luas. Penolakan terhadap pandangan generasi ini dianggap sebagai penolakan dari generasi muda dalam melestarikan tata nilai moral. Generasi ini dilatarbelakangi oleh kehidupan yang serba kurang akibat lemahnya ekonomi Indonesia. Latar belakang keras dengan suasana perang kemerdekaan dan pemberontakan membentuk sikap dan kepribadian yang hampir sama dengan generasi sebelumnya yaitu sederhana dan kerja keras. Mereka mendambakan kehidupan yang aman, nyaman dan damai. Kecenderungan dari elite generasi ini adalah pekerja keras untuk menghadapi persaingan akibat dari mobilitas sosial yang dibuka untuk semua warga. Memasuki usia tua, mereka cenderung membentuk kepribadian yang konservatif. Generasi dewasa muda mengalami masa pertumbuhan di saat kondisi perekonomian Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang tumbuh cepat. Pengaruh dari keadaan yang penuh dengan kemudahan menyebabkan terbentuknya kepribadian kurang peka dengan lingkungan mereka. Secara umum, tata nilai generasi ini bermuara pada diri mereka sendiri sebagai pusat keberhasilan. Ambisius. Mereka yang kurang peka dengan pentingnya keluarga besar ( extended family ). Mereka tidak bersedia kehilangan kenyamanan yang mereka peroleh pada waktu mereka tumbuh dalam keluarga. Sukses ditandai oleh gaya hidup kosmopolitan. Elite dari generasi ini menghasilkan sub-kultur yuppies dengan pola pengeluaran boros. Krisis yang berkepanjangan dapat menumbuhkan perasaan pahit terhadap mereka yang menyebabkannya kesejahteraan mereka terganggu. Jumlah mereka secara absolut sangat besar dan dapat membentuk kekuatan politik yang perlu dipertimbangkan. Ketidakpekaan pada kepentingan mereka dapat mengganggu efektivitas kerja pemimpin di masa mendatang. Anggota yang paling muda dalam masyarakat Indonesia tidak membentuk kesamaan pandangan. Generasi 1980 tumbuh dalam masa yang terbaik dalam kemakmuran ekonomi. Pengaruh dari orang tua mereka pada pekerjaan yang semakin kompetitif mendorong permintaan pada sarana pendidikan yang lebih baik agar mampu bersaing di dalam dan luar negeri. Sebagai anak muda, mereka penuh dengan idealisme dan aktif. Seperti yang lainnya, mereka adalah kelompok yang dapat dikatakan radikal daripada generasi yang di atasnya. Namun, dengan krisis ekonomi yang berkepanjangan, hal ini dapat mengubah kepribadian yang liberal menjadi ultra-konservatif di saat mereka memasuki ke usia lanjut usia. Bab III PENUTUP Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyatakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri kenyataan bahwa teknologi mendatangkan efek negatif bagi manusia. Agar bisa mengatasi permasalahan dari efek negatif dari peradaban kemajuan teknologi bagi manusia sebaiknya sebagai manusia mempunyai Intelgensi dan Qalbu, agar bisa medapatkan hal teserbut harus banyak generasi bangsa belajar dan berpendidikan untuk terus menggali ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi tanpa menghilangkan jati diri Indonesia melalui pelestarian nilai-nilai dan moral bangsa Indonesia agar bisa Indonesia yang maju melestarikan warisan budaya dan bangsa dan di pihak lain membangun kebudayaan nasional yang modern. Alisyahbana, Iskandar. 1980. Teknologi dan Perkembangan . Jakarta: Yayasan Idayu. Anglin, Gary J. 1991. Instructional Technology: Past, Present and Future . Englewood: Libraries Unlimited. Mirabito, M. A.M amp Morgenstern, B. L, New Communication Technology: Applications, Policy, and Impact, Fifth Edition, UK: Local Press, 2004. hlmn. 231-246. Straubhaar, Joseph amp La Rose, Robert. Media Now: Communications Media in the Information Age. Wadsworth, 2004. Chapter 13. Sukmadinata, Nana Syaodih. 1997. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek . Bandung: Remaja Rosda Karya. Sutjipto. 2005. Kurikulum Pendidikan Teknologi suatu Kebutuhan yang Tidak Pernah Terlambat . Jakarta: Kompas.
No comments:
Post a Comment